Cara Membuat Blog Tetap Ramai Meski Jarang Posting


Bagi seorang penulis blog, trafik atau lalu lintas pengunjung merupakan karir pada blog. Banyaknya pengunjung menunjukkan kualitas yang dimiliki blog tersebut, khususnya isi tulisan di dalamnya yang dipengaruhi berbagai faktor.

Salah satu faktor yang dijadikan alasan kebanyakan blogger adalah dengan membuat postingan di blog secara rutin. Banyak yang meyakini hal tersebut sangat berpengaruh pada trafik pada blog.

Namun tidak peduli blogger lama atau baru, penulis andal atau pemula, semuanya pasti pernah mengalami rasa malas untuk menulis. Baik itu tidak punya ide, kurangnya inspirasi, atau tidak adanya semangat untuk menulis di blog.

Apalagi bagi seorang blogger yang memang tidak punya latar belakang penulis seperti saya. Menulis bisa jadi hal yang sangat berat dan memosankan.

Pada dasarnya memang benar bahwa menulis postingan secara rutin dan konsisten di blog memberikan pengaruh pada jumlah pengunjung dan trafik blog yang kian meningkat. Tetapi bukan berarti rajin menulis postingan di blog merupakan satu-satunya cara agar trafik pengunjung blog bertambah.

Meskipun jarang menulis postingan di blog ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat trafik pengunjung blog tetap stabil bahkan bisa meningkat. Berikut rahasianya:

Memasukkan sitemap pada Webmaster Tool

Hal ini merupakan bagian penting yang cukup berpengaruh pada trafik pengunjung blog. Saat mulai membuat blog pastikan kamu telah menambahkan sitemap pada mesin pencari seperti Google Webmaster Tool dan Bing Webmaster Tool. Saat terindeks oleh mesin pencarian, blog berpeluang besar mendapatkan pengunjung dari orang-orang yang mencari informasi yang tersedia di blog.

Buat postingan yang tidak gampang basi

Sama seperti makanan, artikel atau postingan yang ditulis di blog juga bisa basi. Apa tandanya? Yaitu isi postingan sudah ketinggalan jaman dan peminatnya berangsur-angsur berkurang dari waktu ke waktu.

Ketika menulis postingan secara rutin setiap hari kebanyakan orang akan mencari tulisan yang kekinian dan lagi viral saat itu. Namun postingan yang seperti itu biasanya akan mulai basi ketika sudah tidak populer atau tidak viral lagi.

Oleh karena itu jika kamu ingin membuat blog tetap ramai meskipun jarang update menulis postingan kamu bisa memulai dengan membuat tulisan yang Evergreen Content. Artinya tulisan yang temanya tidak gampang basi. Beberapa contohnya adalah jenis-jenis postingan berikut:

1. Artikel Tutorial dan Panduan

Membuat tulisan tentang tutorial membuat sesuatu atau panduan menyelesaikan sebuah masalah. Misalnya Membuat Daftar Isi Otomatis di Word, Cara membuat postingan AMP di Blogger, Memasang komentar Disqus di template AMP, dan lain-lain. Postingan seperti itu biasanya tidak gampang basi dan tetap dicari banyak orang dalam jangka waktu yang lama.

2. Artikel Definisi dan Penjelasan

Membuat postingan yang menjelaskan tetang definisi suatu hal atau menjelaskan tentang sebuah teori dan pendapat biasanya tetap dicari banyak orang dalam waktu lama. Misalnya seperti Apa itu AMP HTML atau Kekurangan dan Kelebihan AMP HTML di Blogger.

Meskipun sebenarnya penjelasan atau definisi tentang banyak hal sudah ada di Wikipedia, untuk apa lagi buat postingan tentang definisi!?

Benar Wikipedia banyak definisi dan penjelasan di dalamnya, tapi sebagian besar orang malas membaca tulisan artikel yang sangat baku dan sulit dipahami oleh orang awam seperti saya.

Jadi cobalah membuat artikel yang menjelaskan definisi suatu hal dengan gaya bahasa sendiri yang enak dibaca oleh pengunjung blog kamu. Itu akan menjadi artikel yang digemari orang dalam jangka panjang.

3. Artikel Daftar dan Link download

Artikel yang menampilkan daftar sesuatu hal dan biasanya menampilkan jumlah pada judulnya. Misalnya 8 Template AMP HTML Gratis yang Keren atau 4 Template AMP Premium untuk Blogger. Postingan seperti itu biasanya sangat menarik perhatian banyak pembaca dan tidak terlalu bergantung oleh waktu.

Selain itu postingan tentang link download juga banyak dicari. Khususnya aplikasi yang tidak gampang out of date serta link download suatu file dokumen keperluan tugas sekolah/kuliah atau semacamnya.

4. Jenis postingan lainnya

Ada pula beberapa jenis postingan lain yang tidak gampang basi. Tapi pastikan postingan yang kamu buat dicari banyak orang dalam waktu yang lama karena akan percuma jika postingan kita tidak ada peminatnya.

Perbarui postingan yang sudah ada

Selain sering buat artikel dan menulis postingan secara rutin, salah satu hal penting yang kadang diabaikan oleh seorang blogger yaitu memperbarui posting lama.

Selain itu banyak pula yang menganggap kalau mau meng-update artikel lama di blog harus dengan membuat postingan baru. Padahal agar blog tetap up to date bisa dengan memperbarui artikel lama yang sudah ada.

Ada beberapa kelebihan jika memperbarui posting lama yang sudah ada di blog, yaitu:
  • Menjadikan artikel lebih berkualitas dari waktu ke waktu
  • Artikel tetap dianggap baru meskipun sudah lama karena pada sitemap Blogger terdapat tanggal "last update"
  • Rangking artikel pada mesin pencarian meningkat karena kualitas tulisan yang membaik

Melakukan promosi

Hal ini yang biasanya banyak membuat penulis blogger merasa malas. Melakukan promosi sebenarnya hal yang juga sangat berpengaruh pada trafik pengunjung blog. Sebab meskipun tulisan sudah tidak gampang basi dan sudah berkualitas, tapi kalau tidak ada yang baca akan sama saja.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk melakukan promosi, baik secara gratis maupun secara berbayar. Misalnya seperti aktif di berbagai situs tanya jawab dan forum internet, melakukan blogwalking atau silaturahmi pada situs blog orang lain untuk menarik pengunjung tambahan ke blog, atau melakukan submit di social bookmarking, upload video di Youtube berkaitan konten blog.

Kesimpulan

Jadi pada dasarnya menulis postingan atau artikel secara rutin dan konsisten di blog merupakan salah satu pengaruh yang menentukan banyak atau tidaknya pengunjung ke blog. Tetapi bagi kamu yang tidak bisa selalu menulis postingan atau kadang merasa malas menulis, bisa mencoba berbagai cara agar blog tetap ramai pengunjung dan memiliki trafik yang tinggi tanpa sering-sering update.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar blog pengunjung tetap stabil dan ramai tanpa sering bikin artikel/postingan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Terima kasih dan sampai jumpa!
Disqus Comments