Menggunakan Subdomain di Blogger Tanpa Cpanel (100% Berhasil)


Subdomain di Blogger

Halo kawan! Domain mungkin sudah menjadi hal yang cukup familiar di telinga kita saat ini. Dalam dunia per-website-an, domain terkadang menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan sekaligus menjadi hal yang cukup "mewah".

Mengapa dikatakan mewah? Sebab domain memang tidak bisa dibilang murah, meskipun banyak promo harga domain yang bertebaran serta perhitungan harga yang rata-rata untuk durasi 1 tahun, namun tetap saja bagi pemula seperti saya, itu tetap tergolong mahal.

Bisa memiliki sebuah domain bisa dibilang sudah cukup mewah dan ada kebahagiaan tersendiri mempunyai blog dengan domain sesuai keinginan, salah satunya blog Pintar AMP ini. Jadi saya ucapkan terima kasih bagi kamu yang telah berkunjung.

Saat menggunakan domain milik sendiri, terlintas sebuah pertanyaan kecil yang terus mengganggu di pikiran, apakah bisa menggunakan sub domain di Blogger, meskipun cuma membeli domain (tanpa hosting)? Dan akhirnya jawabannya ditemukan melalui pengamatan dan percobaan panjang, TENTU SAJA BISA!!!

Cara yang digunakan pun tergolong sangat mudah dan tentunya tidak perlu beli hosting yang harganya jauh lebih mahal lagi. Sebab seperti yang telah diketahui (bagi yang tau), bahwa menu pilihan yang jauh lebih lengkap akan didapatkan jika membeli domain dan hosting. Salah satunya pilihan untuk menggunakan subdomain.

Subdomain merupakan nama di depan nama domain, misalnya domain adalah pintaramp.id dan subdomain adalah demo.pintaramp.id. Bagi kamu yang belum tau, subdomain bisa dibuat dengan sangat mudah melalui menu pengaturan di Cpanel saat membeli hosting web.

Syarat menggunakan subdomain di Blogger

Awalnya saya pikir jika membeli domain saja, maka tidak bisa menggunakan subdomain. Ternyata bisa, kalau tidak percaya bisa lihat di sini dan di sana, dan semua itu tanpa menggunakan Cpanel sama sekali (karena memang tidak punya).

Untuk memiliki subdomain milikmu sendiri tanpa cpanel, tentu saja tetap ada beberapa hal yang kamu perlukan, yaitu:
  1. Domain. Tentu saja kamu membutuhkan domain yang telah kamu beli, sekadar saran kamu bisa membeli domain web.id, my.id, atau com yang tergolong cukup murah di antara domain-domain lain
  2. Akses kelola DNS. Jika kamu telah membeli nama domain, biasanya secara otomatis telah disertai dengan pengaturan pengelolaan DNS (Domain Name System). Sebelum membeli pastikan kamu memilih pilihan DNS Management (atau semacamnya) jika pilihan itu ada, tapi biasanya sudah otomatis ada setelah pembelian
  3. Blog di Blogger. Yang satu ini bisa kamu dapatkan secara gratis, yang tidak gratis mungkin cuma kuota internetnya. Pastikan kamu telah mempunyai blog di Blogger, baik blog lama maupun blog baru

Selanjutnya, diasumsikan bahwa kamu sudah menggunakan nama domain utama pada sebuah blog. Misalnya, saya sudah menggunakan domain pintaramp.id di blog ini, selanjutnya saya mau membuat blog baru dengan subdomain tenrius.pintaramp.id.

Gunakan Akun yang Berbeda!

Berdasarkan pengalaman, sebaiknya gunakan akun (Gmail) yang berbeda saat mengaktifkan subdomain di Blogger. Karena jika kamu menggunakan akun yang sama, maka kode DNS yang muncul untuk blog subdomain akan sama dengan kode DNS yang telah digunakan di domain utama.

Jadi agar berbeda, gunakan akun Gmail yang berbeda, terlebih dahulu tambahkan admin baru di blog subdomain tersebut, baca caranya di sini, lalu cukup gunakan akun tersebut untuk mengubah domain blog, setelah prosesnya selesai dan berhasil kamu bisa menghapusnya kembali.

Menggunakan Subdomain di Blogger Tanpa Cpanel

Baiklah, jika kamu telah menyimak pembahasan di atas, maka selanjutnya kamu siap untuk membuat alamat blog kamu menggunakan subdomain tanpa membeli hosting dan tanpa menggunakan Cpanel. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Blogger
  2. Buka Setelan, pada bagian Publikasi klik link + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda
  3. Masukkan alamat subdomain yang ingin kamu gunakan, misalnya blog.domainkamu.com
  4. Klik tombol Simpan
  5. Akan muncul peringatan Kami tidak dapat memverifikasi kewenangan Anda terhadap domain ini, salin kode DNS yang muncul di bawahnya, biasanya terlihat seperti ini: (jangan close dulu tab Blogger tersebut)
  6. Buka pengaturan DNS dari penyedia domain kamu, misalnya Niagahoster, Domainesia, atau IDwebhost, login dan masuk ke pengaturan DNS
  7. Tambahkan record baru pada DNS domain kamu dengan jenis "CNAME" dengan isi sesuai yang kamu dapatkan dari Blogger
  8. Biasanya record ini sudah ada jika kamu telah menggunakan domain utama pada sebuah blog di Blogger. Tambahkan record berjenis "A record" dengan Nama Host adalah domain utama kamu lalu isi dengan IP: (lakukan hal yang sama pada setiap IP)
    • 216.239.32.21
    • 216.239.34.21
    • 216.239.36.21
    • 216.239.38.21
  9. Kembali ke Blogger lalu coba tekan lagi tombol Simpan, jika masih gagal tunggu hingga sekitar 15 menit lalu coba lagi

Langkah ini biasanya memerlukan waktu yang lama agar proses verifikasi dapat berhasil karena waktu pemuatan diperlukan pada server penyedia domain yang kamu gunakan. Jadi harap bersabar dan coba pada rentan waktu sekitar 15 menit.

Setelah proses pemuatan selesai dan pengaturan di Blogger telah tersimpan, biasanya juga memerlukan waktu untuk mengalihkan blog ke alamat subdomain yang kamu gunakan, jadi mungkin akan memerlukan waktu juga. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya benar-benar selesai.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan subdomain di Blogger tanpa menggunakan Cpanel sama sekali. Proses ini biasanya rawan akan kesalahan, pastikan kamu melakukan langkah demi langkah dengan benar. Jika ada yang kurang jelas pada artikel ini, maka jangan sungkan untuk menyampaikan komentar kamu di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih dan sampai jumpa!
Disqus Comments