Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Laptop

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Laptop

5 Kebiasaan Kecil Yang Dapat Membuat Laptop Jadi Cepat Rusak ― Laptop adalah salah satu gadget pendukung aktivitas sehari-hari yang biasa digunakan pekerja maupun mahasiswa. Umur laptop rata-rata sekitar 3-5 tahun. Jika sudah melewati angka tersebut, kinerja laptop biasanya tak lagi optimal.

Namun, ada sejumlah kebiasaan sepela yang bisa memperpendek usia laptopmu, lho. Kebiasaan-kebiasaan berikut ini kerap tak disadari karena biasa dilakukan sehari-hari. Sebaiknya, segera hindari kalau kamu ingin laptopmu berumur panjang!

1. Makan Sambil Menggunakan Laptop

Siapa nih yang punya kebiasaan makan sambil menggunakan laptop? Kebiasaan ini sering ditemukan pada pekerja yang tak mempunyai cukup waktu untuk melakukannya secara terpisah. Ada juga yang suka menonton film di laptop sambil mengemil. Saking asyiknya, sampai lupa kalau remah-remah camilan bisa masuk ke sela-sela keyboard laptop!

Akibatnya, laptop tidak hanya kotor, tetapi bisa menyumbat sela-sela keyboard dan menjadikannya macet. Daripada repot-repot membersihkan keyboard, lebih baik tinggalkan kebiasaan ini sejak awal! Luangkan waktu khusus antara 5-10 menit untuk makan. Ini akan memberi kesempatan pada laptop untuk mendinginkan diri sejenak.

2. Menaruh Benda di Atas Laptop

Kadang-kadang kita tanpa sadar menaruh benda di atas laptop, seperti menumpuk buku atau menaruh barang yang cukup berat di atasnya. Menaruh benda di atas laptop menyebabkan kerusakan serius pada layar LCD atau engsel laptop. Selain itu, kebiasaan ini bisa menggores bagian belakang monitor.
Jika itu terjadi, kita perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyervis laptop.

Kebiasaan lain yang tak kalah buruk adalah menaruh benda di atas keyboard. Jika kita lupa, benda tersebut bisa memecahkan layar apabila kita menutup laptop tanpa sengaja. We have to be more careful!

3. Menumpahkan Cairan Pada Laptop

Menurut laman Sewelltech, 60 persen dari kerusakan laptop disebabkan oleh tumpahan cairan. Kebiasaan menaruh minuman di sekitar laptop memang berbahaya. Karena kita bisa sewaktu-waktu menyenggol dan menumpahkannya tanpa disengaja. Oleh karena itu, hindari kebiasaan minum atau meletakkan cairan di sekitar laptop.

Jika terlambat, segera matikan laptop. Lalu keluarkan dan bersihkan laptop dari cairan. Setelahnya, balik laptop untuk membuat cairan keluar. Jika kamu punya pengering rambut (hair dryer), keringkan laptop dari jarak 20 cm. Langkah terakhir adalah biarkan laptop terbuka secara terbalik (seperti bentuk A) dan tunggu hingga benar-benar kering.

4. Membuat Laptop Terekspos Pada Suhu Panas

Menggunakan laptop di bawah sinar matahari langsung akan membuat suhu laptop meningkat. Panas yang terperangkap di dalam laptop bisa menyebabkan kerusakan CPU, hard drive, video card dan baterai. Suhu 0-40°C tergolong aman untuk digunakan. Jika suhu berada di atas 85°C, segera matikan laptop untuk mendinginkan suhu.

Untuk mencegah laptop overheat, kamu bisa melakukan beberapa cara. Seperti memakai cooling pad atau laptop fan dan menghindari memakai laptop di luar ruangan. Kamu juga bisa mematikan laptop setiap beberapa jam sekali untuk menghindari overheat. Cegahlah sebelum rusak!

5. Sembarangan dalam Membersihkan Laptop

Mengelap layar laptop dengan kain dianggap kurang bersih. Beberapa orang pun menyemprotkan cairan ke layar laptop agar debu dan noda terangkat. Namun, kita tak boleh sembarangan dalam membersihkan layar laptop. Cairan yang mengandung zat kimia yang keras bisa merusak LCD laptop!

Lebih baik, bersihkan layar laptop dengan kain microfiber yang kering. Bisa juga menggunakan cairan khusus pembersih monitor. Jangan lupa membersihkan laptop jika sudah mulai berdebu. Kamu bisa membersihkannya setiap beberapa hari sekali atau satu minggu sekali. Taraaa! Layar laptop pun bebas dari kotoran dan terlihat mengilap!

Nah, itulah 5 kebiasaan kecil yang bisa membuat laptop jadi cepat rusak. Semoga Bermanfaat!

Post a Comment for "5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Laptop"