Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7

Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7

Matlab R2015a di Windows 10,8,7

Bagi kamu yang mencari software atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan matematika yang berhubungan soal matriks, maka aplikasi Matlab R2015a bisa jadi salah satu solusi yang kamu butuhkan.

MATLAB merupakan sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan swasta bernama MathWorks yang bergerak pada bidang pengembangan software komputasi matematika. Aplikasi yang mempunyai nama lengkap Matrix Laboratory ini awalnya dikembangkan pada akhir tahun 1970-an dan terus melakukan update hingga saat ini dengan beragam fitur dan fungsi yang semakin memudahkan penggunanya.

Aplikasi MATLAB ini pada dasarnya dapat digunakan untuk keperluan komputasi matematika, pemrograman, pemodelan, bahkan analisis data, dan sebagainya. Jadi, bisa dibilang kalau MATLAB ini merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat menangani banyak permasalahan matematis yang ada. Hebatnya lagi, dengan perangkat lunak MATLAB ini, kamu bahkan bisa membuat visualisasi dari hasil abstraksi matematika yang ditampilkan dalam bentuk gambar visual yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Oleh karena itu, bagi kamu yang membutuhkan bantuan sebuah software untuk menyelesaikan persoalan matematis khusus, salah satu aplikasi yang cukup direkomendasikan adalah MATLAB ini. Kamu bisa mendapatkan software ini dan meng-install-nya pada PC (komputer atau laptop) Windows yang kamu gunakan, yang akan dibahas pada artikel ini.

Persyaratan Sistem (System Requirements) Matlab R2015a

Sebelum mulai download dan install aplikasi Matlab R2015a pada komputer atau laptop Windows kamu, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui persyaratan sistem yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan aplikasi tersebut secara optimal, atau yang biasa dikenal sebagai system requirements. Silakan perhatikan syarat spesifikasi yang dibutuhkan berikut ini untuk 32-Bit and 64-Bit MATLAB and Simulink Product Families.
  • Operating Systems: Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7 Service, Pack 1, Windows Vista, Service Pack 2, Windows XP Service, Pack 3, Windows XP x64, Edition Service Pack 2, Windows Server 2012, Windows Server 2012, R2, Windows Server 2008, R2 Service Pack 1, Windows Server 2008, Service Pack 2, Windows Server 2003, R2 Service Pack 2
  • Processors: Any Intel or AMD x86 processor supporting SSE2 instruction set, pelajari lebih lanjut.
  • Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  • Disk Space: 8 GB for MATLAB only, 11–12 GB for a typical installation
  • RAM: 2 GB
  • Graphics: No specific graphics card is required. Hardware accelerated graphics card supporting OpenGL 3.3 with 1GB GPU memory recommended

Download Matlab R2015a untuk Windows 10/8/7

Layaknya perangkat lunak pada umumnya yang memberikan update dari waktu ke waktu, maka bisa dipastikan bahwa MATLAB tentunya mempunyai beragam versi seiring dengan adanya update terhadap software tersebut. Namun dalam tulisan ini, versi yang dibahas adalah MATLAB R2015a, versi yang banyak digunakan karena pertimbangan spesifikasi dengan fungsi yang dimilikinya.

Versi R2015a banyak dipilih sebagai versi yang cukup baik khususnya bagi komputer atau laptop dengan spesifikasi standar, alias yang spesifikasinya tidak kenceng-kenceng amat. Selain itu dari segi fungsi dan fiturnya juga sudah cukup memadai untuk mengatasi persoalan matematis pada umumnya.

Sebenarnya untuk memasang atau install MATLAB R2015a ini caranya cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu mempunyai keahlian khusus dalam menggunakan komputer. Selain itu dalam proses instalasi juga tidak memerlukan koneksi internet, jadi akan sangat membantu bagi yang tidak dapat selalu terkoneksi ke internet setiap waktu.

Tetapi sebelum memulai proses install, terlebih dahulu kamu perlu mendapatkan aplikasi MATLAB R2015a tersebut terlebih dahulu, apabila kamu belum mempunyai aplikasinya, kamu bisa mendapatkannya pada salah satu link yang ada di bawah ini, silakan sesuaikan dengan jenis bit yang digunakan oleh sistem operasi PC kamu. Jika kamu kebingungan, kamu bisa baca artikel cara mengetahui PC 32-bit atau 64-bit terlebih dahulu. Lalu silakan download aplikasinya pada tautan berikut ini.



Cara Install Matlab R2015a di Windows 10/8/7

Jika kamu sudah mendapatkan file untuk install Matlab R2015a, maka kamu sudah bisa memulai proses install aplikasi MathWorks tersebut. tetapi perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa file master tersebut berbentuk file.iso, jadi bagi kamu yang menggunakan Windows 7, gunakan WinRAR versi terbaru untuk melakukan proses ekstrak. Sedangkan pada Windows 10 atau Windows 8/8.1, bisa langsung membuka (Mount) file master tersebut dan akan muncul pada daftar partisi seperti saat memasukkan disk ke CD ROM laptop atau komputer. Lalu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memulai proses install Matlab R2015a.
  1. Pada folder hasil ekstrak atau yang sudah di Mount, buka file setup.exe dengan menjalankannya sebagai administrator atau Run as administrator, lalu pilih Yes.
  2. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  3. Setelah itu pada jendela pertama MathWorks Installer silakan aktifkan pilihan Use a File Installation Key. Opsi ini berfungsi agar proses instalasi dilakukan secara offline dan tidak perlu menggunakan akun MathWorks. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan
  4. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  5. Pada jendela License Agreement, silakan aktifkan pilihan Yes pada bagian Do you accept the terms of the license agreement?. Setelah itu klik tombol Next. Kamu bisa membaca syarat dan ketentuan yang tertera apabila kamu tertarik.
  6. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  7. Lalu pada jendela File Installation Key, aktifkan pilihan I have the File Installation Key for my license kemudian masukkan serial number pada textbox di bawahnya untuk melanjutkan proses install. Untuk serial number tersebut bisa kamu dapatkan pada file install.txt yang ada di dalam folder "crack" dari hasil ekstrak atau mount file master tadi. Setelah memasukkan serial number, silakan klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  8. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  9. Pada jendela Folder Selection kamu bisa memilih di mana lokasi untuk menyimpan hasil install Matlab R2015a. Sebaiknya pilih lokasi install yang berada pada partisi selain C, karena aplikasi Matlab R2015a ini membutuhkan ruang yang cukup besar terutama saat sedang dijalankan. Oleh karena itu jika ruang kosong di partisi C kamu kurang dari 12GB, sebaiknya install di partisi lain.
  10. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  11. Kemudian pada jendela Product Selection kamu bisa langsung klik tombol Next, biarkan semua produk tetap tercentang, artinya kamu akan menginstall semua paket produk dari Matlab R2015a.
  12. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  13. Pada jendela Confirmation ditampilkan informasi seputar Matlab R2015a yang akan di-install pada PC kamu, silakan klik tombol Install untuk memulai proses instalasi aplikasi tersebut. Proses install ini akan berlangsung cukup lama, sekitar 30 bahkan lebih, bergantung pada spesifikasi dari PC yang kamu gunakan. Jika kamu akan meninggalkan proses install berjalan dengan sendirinya, pastikan laptop atau komputer kamu tidak sleep secara otomatis.
  14. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  15. Setelah proses install sudah selesai, akan tampil jendela Product Configuration Notes, silakan langsung klik tombol Next.
  16. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  17. Lalu klik tombol Finish pada jendela Installation Complete dan akan dilanjutkan pada proses aktivasi Matlab R2015a di Windows.
  18. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7

Cara Aktivasi Matlab R2015a di Windows 10/8/7

Setelah mengikuti langkah-langkah instalasi aplikasi Matlab R2015a yang ada di atas, aplikasi tersebut belum bisa langsung kamu gunakan, terlebih dahulu kamu perlu melakukan proses aktivasi yang sebaiknya kamu perhatikan dengan teliti, karena beberapa langkah yang dilakukan tidak bisa diulangi/undo. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama-tama buka/jalankan dulu aplikasi Matlab yang sudah kamu install dengan cara buka menu Start lalu tuliskan kata kunci "matlab" pada pencarian. Silakan buka aplikasi matlab. Jika jendela konfirmasi User Account Control muncul, silakan klik tombol Yes.
  2. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  3. Setelah itu akan muncul jendela MathWorks Software Activation, silakan aktifkan pilihan Activate manually without the Internet untuk melakukan aktivasi secara manual dan offline, lalu klik tombol Next.
  4. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  5. Kemudian pada jendela Offline Activation, aktifkan pilihan Enter the full path to your license file, including the file name dan klik tombol Browse yang ada di sampingnya. Setelah itu kamu akan diminta untuk mencari dan memilih file lisensi Matlab R2015a, file lisensi tersebut bernama lic_standalone.dat yang berada di dalam folder "crack" dari hasil ekstrak atau mount file master sebelumnya.
  6. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7
  7. Setelah itu akan muncul jendela Activation Complete yang berarti proses aktivasi lisensi telah selesai dilakukan. Silakan klik tombol Finish. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menempatkan beberapa file tertentu pada direktori Matlab R2015a untuk meneyelesaikan semua proses aktivasi, yang bisa kamu ikuti pada pembahasan berikutnya di bawah ini.
  8. Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7

Sampai pada tahap ini, aplikasi Matlab R2015a masih belum bisa kamu gunakan, terlebih dahulu kamu perlu meng-copy beberapa folder dari folder "crack" untuk menyelesaikan proses aktivasi.

Silakan buka kembali folder hasil ekstrak atau mount dari file master Matlab R2015a, setelah itu temukan folder "crack" tersebut dan copy 4 folder yang ada di dalamnya, yaitu bin, etc, java, dan toolbox.

Setelah itu buka direktori hasil instalasi Matlab R2015a yang telah kamu tentukan pada saat proses install di atas. Apabila lokasi install tersebut tidak kamu ubah, maka secara default akan berada di C: → Program Files → MATLAB → MATLAB Production Server → R2015a. Silakan paste keempat folder tersebut di dalam folder "R2015a".

Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7

Pada saat muncul jendela Replace or Skip Files, kamu bisa pilih Replace the files in the destination untuk mengganti semua file lama yang sudah ada dengan file yang baru kamu copy. Jika muncul jendela Destination Folder Access Denied, silakan centang pilihan Do this for all current items dan klik tombol Continue.

Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7

Setelah proses menyalin keempat folder tersebut selesai, maka aplikasi Matlab R2015a yang kamu install sudah bisa digunakan pada PC (komputer atau laptop) Windows kamu. Untuk membuka aplikasi Matlab, kamu bisa melakukannya dengan cara seperti di atas, yaitu membuka menu Start lalu tuliskan kata kunci "matlab" pada pencarian.

Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7

Akan tetapi dalam proses instalasi Matlab R2015a ini, kamu tidak diberi pilihan untuk menambahkan shortcut aplikasinya pada desktop, pada menu Start, ataupun pada pin taskbar. Oleh karena itu apabila kamu akan menggunakan aplikasi ini lebih sering, maka sebaiknya kamu memasang menu pintasan untuk aplikasi ini.

Menambahkan Shortcut Matlab R2015a

Jika kamu merupakan orang yang terbiasa membuka sebuah aplikasi melalui menu shortcut di desktop, maka kamu juga perlu memasang shortcut Matlab R2015a pada desktop kamu. Untuk melakukannya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Silakan buka kembali folder instalasi Matlab R2015a, kemudian di dalam folder tersebut buka folder bernama bin dan kamu akan menemukan file matlab.exe, klik kanan file tersebut lalu pilih Send to dan klik menu Desktop (create shortcut). Atau kamu juga bisa memilih untuk menambahkan shortcut ke menu Start dengan memilih Pin to Start.

Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7

Setelah itu kamu sudah bisa menjalankan aplikasi Matlab R2015a melalui menu shortcut yang telah kamu buat secara versi penuh dan tanpa proses aktivasi lagi. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi tersebut meski tanpa terkoneksi jaringan internet sekalipun.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk install dan aktivasi MATLAB R2015a pada PC Windows 10/8/7 beserta link download-nya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, atau terdapat hal-hal yang keliru dan perlu diluruskan, silakan sampaikan semuanya melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Sumber: bagitekno.net

Post a Comment for "Download dan Install MATLAB R2015a di Windows 10/8/7"