Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7

Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7

SPSS: Aplikasi Analisis Data Statistik

Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7 ― Bagi kamu yang sering bergelut dengan bidang ilmu statistik, mungkin kamu tidak asing dengan salah satu aplikasi berikut ini, yaitu SPSS. SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences, sebuah perangkat lunak yang sering digunakan untuk melakukan pengolahan data statistik secara digital menggunakan perangkat laptop atau komputer. Pada umumnya penggunaan SPSS ini adalah untuk melakukan analisis statistik ilmu sosial yang mempunyai bentuk berupa data, yang biasanya meliputi penelitian kesehatan, pasar, survei, dan semacamnya.

Aplikasi SPSS merupakan sebuah aplikasi yang mempunyai banyak kelebihan dibandingkan aplikasi pengolah data statistik lainnya. Salah satu kemampuan SPSS adalah mampu membaca dan menulis data format atau ekstensi file yang dibuat menggunakan aplikasi lain. Beberapa format file yang didukung diantaranya seperti, ASCII, spreadsheet, excel, database dan paket statistik. Selain itu kelebihan lain yang dimiliki SPSS adalah mampu digunakan sebagai media untuk mengolah database eksternal menggunakan ODBS ataupun SQL.

Oleh karena itu bagi kamu yang ingin melakukan pengolahan atau analisis terhadap suatu data statistik, maka aplikasi SPSS adalah salah satu aplikasi yang sangat cocok untuk kamu gunakan. Misalnya bagi kamu yang punya tugas kuliah yang mengharuskan pengolahan data menggunakan SPSS. Terlebih bagi kamu yang sedang melakukan penelitian dan membutuhkan suatu alat yang bisa membantu melakukan analisis terhadap data penelitian.

System Requrements

Sama seperti perangkat lunak atau software pada umumnya, SPSS 24 juga mempunyai system requirements atau persyaratan sistem yang harus dipenuhi. System requirements merupakan persyaratan spesifikasi dan sistem operasi yang harus sesuai atau lebih dari spesifikasi yang disebutkan. Untuk SPSS 24, spesifikasi yang dibutuhkan adalah:
  • System operation: Windows 10 (32-bit or 64-bit versions), and Windows 7, 8 & 8.1 (32-bit or 64-bit versions)
  • Hardware: Intel or AMD x86 processor running at 1.6 GHz or higher.
  • Memory: Minimum: 1 GB Recommended: 4+ GB RAM
  • Minimum free drive space: 2GB. If you install more than one help language, each additional language requires 60-70 MB of disk space.

Download SPSS 24

Layaknya seperti aplikasi pada umumnya, SPSS juga telah mengalami berbagai update dan pembaruan dari masa ke masa untuk menyempurnakan fitur dan kemampuan yang ada di dalam aplikasi tersebut. Maka tidak heran apabila SPSS ini memiliki berbagai versi yang beredar. Salah satu versi yang cukup populer dan banyak digunakan karena dianggap mempunya fitur yang cukup update namun tidak terlalu berat untuk digunakan pada laptop spesifikasi rendah, yaitu adalah SPSS 24.

Jadi bagi kamu yang membutuhkan aplikasi ini, terlebih dahulu kamu perlu download aplikasi SPSS tersebut kemudian meng-install nya. Maka dari itu, dalam artike kali ini akan dijelaskan tentang cara install dan aktivasi SPSS 24 pada Windows 10/8/7. Silakan download aplikasinya terlebih dahulu melalui link di bawah ini. Silakan sesuaikan dengan jenis bit pada laptop atau komputer yang kamu gunakan, kamu bisa baca tentang membedakan Windows 32-bit dan 64-bit.



Cara Install SPSS 24

Setelah mendapatkan file master installer untuk SPSS 24 melalui link yang ada di atas, selanjutnya kamu siap untuk memulai proses instalasi pada aplikasi tersebut, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama-tama, silakan ekstrak file installer SPSS 24 yang telah kamu download menggunakan WinRAR atau semacamnya. Setelah itu buka folder hasil ekstrak tersebut dan jalankan file Setup.exe secara administrator (Run as administrator).
  2. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  3. Selanjutnya pada saat jendela installer SPSS 24 terbuka, akan tampil keterangan tentang Licensed Materials, silakan klik tombol Next untuk melanjutkan.
  4. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  5. Setelah itu pada jendela selanjutnya yaitu Software License Agreement, silakan aktifkan opsi pilihan I accept the terms in the license agreement kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  6. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  7. Kemudian akan tampil jendela IBM SPSS Statistics – Essentials for Python, aktifkan pada pilihan Yes lalu klik tombol Next untuk melanjutkan proses install SPSS 24.
  8. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  9. Pada jendela License Agreement kamu bisa langsung klik I accept the terms in the license agreement untuk melanjutkan. Bagian ini memberikan konfirmasi persetujuan untuk memasang aplikasi untuk menggunakan Python. Silakan klik tombol Next dan lanjutkan ke tahap berikutnya.
  10. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  11. Setelah itu akan muncul lagi jendela persetujuan Software License Agreement. Sekali lagi aktifkan pilihan I accept the terms in the license agreement lalu klik tombol Next untuk melanjutkannya.
  12. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  13. Kemudian akan tampil jendela Destination Folder yang memberikan pilihan lokasi atau direktori tempat menginstall aplikasi SPSS 24 tersebut. Jika kamu sedang menghemat penggunaan ruang hardisk pada partisi C, kamu bisa menggantinya ke partisi hardisk yang lain. Kamu bisa memeriksa space yang tersedia dan dibutuhkan dengan klik tombol Available Space. Setelah menentukan lokasi instalasinya, silakan klik tombol Next untuk melanjutkannya.
  14. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  15. Setelah itu akan muncul jendela konfirmasi Ready to Install the Program. Silakan klik tombol Install dan proses instalasi aplikasi SPSS 24 akan dimulai.
  16. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  17. Selanjutnya silakan tunggu hingga proses install SPSS 24 selesai, biasanya proses install tersebut akan memakan waktu sekitar 10 atau bisa jadi lebih lama, bergantung pada spesifikasi PC (laptop atau komputer desktop) yang kamu gunakan.
  18. Setelah proses install SPSS 24 selesai, pada jendela InstallShield Wizard Completed, pastikan kamu menghilangkan tanda centang pada pilihan Start IBM SPSS Statistics 24 now, karena sebelum menjalankan aplikasinya, kamu perlu melakukan proses aktivasi terlebih dahulu.
  19. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, proses instalasi untuk aplikasi SPSS 24 telah selesai. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan proses aktivasi untuk SPSS 24 yang akan dibahas pada poin berikutnya di bawah ini.

Cara Aktivasi SPSS 24

Sebelum menjalankan dan menggunakan SPSS 24 yang telah kamu install pada langkah di atas, terlebih dahulu kamu memerlukan beberapa tahap untuk mengaktivasi aplikasi tersebut. Proses aktivasi ini bisa dilakukan secara offline atau tanpa koneksi internet dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Terlebih dahulu silakan buka kembali folder hasil ekstrak installer SPSS 24 sebelumnya. Kemudian di dalamnya kamu akan menemukan folder License, silakan copy file lservrc ke lokasi install SPSS 24 (jika tidak diubah, secara default SPSS 24 terinstall di C:\Program Files\IBM\SPSS\Statistics\24), silakan copy file lservrc tersebut ke dalam folder 24.
  2. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  3. Jika peringatan Replace or Skip Files muncul, silakan klik pilihan Replace the file in the destination untuk mengganti file yang sudah ada. Lalu jika jendela Destination Folder Access Denied muncul, silakan klik tombol Continue untuk mengizinkan file tadi di-copy ke folder tersebut.
  4. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  5. Setelah itu kembali ke folder hasil ekstrak installer SPSS 24 dan buka file serial number dan copy semua kode yang ada dalamnya.
  6. Kemudian buka menu Start dan jalankan sebuah aplikasi bernama IBM SPSS Statistics 24 License Authorization Wizard.
  7. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  8. Setelah itu akan muncul jendela License Status, silakan klik tombol Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  9. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  10. Pada jendela Product Authorization pastikan opsi Authorized user license telah terpilih lalu klik tombol Next.
  11. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  12. Kemudian silakan masukkan kode lisensi yang telah kamu copy sebelumnya pada jendela Enter Codes di kotak teks yang telah disediakan. Setelah itu klik tombol Next.
  13. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  14. Selanjutnya pada jendela License Installation Status akan muncul informasi yang menampilkan status lisensi yang kamu gunakan. Silakan langsung klik tombol Next.
  15. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7
  16. Kemudian langkah terakhir akan muncul jendela Licensing Completed, silakan klik tombol Finish untuk mengakhiri proses aktivasi SPSS 24 tersebut.
  17. Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7

Setelah mengikuti langkah aktivasi yang ada di atas, selanjutnya kamu sudah bisa menjalankan dan menggunakan aplikasi SPSS 24 dengan normal. Silakan buka aplikasi tersebut melalui pencarian aplikasi di menu Start atau melalui shortcut di desktop.

Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk install dan aktivasi software SPSS 24 pada Windows. Dengan menggunakan aplikasi tersebut kamu sudah bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan mengolah data statistik maupun menganalisis data penelitian.

Semoga pembahasan dalam artikel kali ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan wawasan baru untuk kamu. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, atau terdapat hal-hal keliru yang perlu diluruskan. Silakan sampaikan semuanya pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Sumber: bagitekno.net

Post a Comment for "Download dan Install SPSS 24 di Windows 10/8/7"